Home / Berita

Rabu, 22 April 2020 - 14:54 WIB

Pelabuhan Juwana Diperketat, Setiap Nelayan Dicek Kesehatan

Sejumlah kapal bersandar.

Sejumlah kapal bersandar.

PATI – Syahbandar Pelabuhan Juwana, Kabupaten Pati memperketat pengawasan dengan melakukan pengecekan kesehatan nelayan maupun anak buah kapal (ABK). Kebijakan tersebut diambil dalam rangka menekan penyebaran virus corona (covid-19) yang semakin tinggi di Bumi Mina Tani.

Bagian Tata Usaha Syahbandar Juwana Budiono mengatakan, Juwana Juwana menjadi salah satu pelabuhan yang cukup ramai bagi kapal yang keluar dan masuk.

Untuk itu, setiap nelayan yang akan berangkat melaut maupun berlabu terlebih dahulu dilakukan pengecekan kesehatan.

“Terlebih bagi nelayan yang pernah berlabuh di daerah zona merah covid-19. Kami perketat pengawasan saat ini. Setiap yang akan berlabuh dan berangkat melaut, kesehatan nelayan dicek. Kalau menunjukkan gejala panas atau demam tinggi, maka tidak kami perbolehkan melaut,” katanya.

Baca Juga  Resmikan Vihara, Bupati: Toleransi dan Kerukunan Umat Beragama di Pati Tinggi

Lanjutnya, hingga saat ini belum ada anak buah kapal (ABK) yang terpapar covid-19. Kendati begitu, pemeriksaan kesehatan tetap dilakukan dalam rangka pencegahan hal yang tidak diinginkan.

“Selama sebulan terakhir ini ada 150 kapal yang keluar maupun masuk di pelabuhan Juwana. Sebagian besar diketahui merupakan kapal pencari ikan. Sementara kapal barang maupun penumpang tak begitu banyak. Yang sangat kami antisipasi adalah kapal barang maupun kapal penupang dari luar negeri. Kalau ada seperti itu, langsung akan lami lakukan pemeriksaan,”tegasnya.

Baca Juga  Perbaikan Jalan hingga Kebutuhan Pokok Masyarakat Jadi Sorotan Bupati

KBO Satpolair Polres Pati Iptu Sutamto mengatakan, proses pemantauan juga tetap dilakukannya bagi para nelayan yang datang. Dikatakannya telah ada tim yang bertugas untuk melakukan pemantauan hingga pemeriksaan suhu tubuh nelayan yang masuk ke Juwana.

“Saat ini nelayan yang pulang dari melaut belum banyak. Tetapi diperkirakan pertengahan puasa, para nelayan akan berbondong memadati pelabuhan Juwana,”imbuhnya.(IJB/IJL)

Share :

Baca Juga

Berita

Pengelolaan DD dan ADD, Ini Pesan Bupati agar Tak Jadi Persoalan

Berita

Komisi D DPRD Pati Sidak Dinkes Cek Kesiapan Tangani Virus Corona

Berita

Ribuan Warga Lantunkan Sholawat Bersama di Pendopo Pati

Berita

Berbagai Atraksi Budaya Meriahkan Haul Sunan Prawoto

Berita

Laka Karambol di Jalan Pantura Pati, Satu Orang Tewas

Berita

Wabup Safin Didapuk Jadi Anggota Kehormatan Rotary Club Pati

Berita

Wabup: Pemimpin Muda Miliki Kreativitas dalam Berorganisasi

Berita

Haryanto Tak Ingin Ada Keluhan Tenaga Medis Kekurangan APD