Home / Berita

Senin, 6 April 2020 - 23:22 WIB

Temui Kendala saat Sidang lewat Teleconference

Pelaksanaan sidang secara teleconference.

Pelaksanaan sidang secara teleconference.

PATI – Humas Pengadilan Negeri Pati, Agung Iriawan mendukung penuh persidangan digelar secara elektronik. Hal tersebut guna memutus persebaran Covid-19 dengan meminimalisir physical distancing dalam tiap persidangan. Sebagai informasi, saat ini persidangan digelar lewat fasilitas teleconference.

Langkah tersebut dinilainya cukup baik dalam meminimalisir kerumunan warga sehingga potensi persebaran virus korona juga dapat diminimalisir.

Sidang lewat teleconference tersebut dikatakannya masih difokuskan untuk sidang pidana. Sementara untuk sidang perdata sudah sejak lama telah berbasis elektronik pula yakni menggunakan aplikasi Ecourt.

“Dalam mekanisme semua juga menggunakan elektronik. Baik jawab menjawab, atau elitigasi. Penggunaan aplikasi ini sudah tidak terlalu terkendala karena hanya pihak penggugat dan tergugat saja,” papar Agung Iriawan.

Baca Juga  Laka Karambol di Jalan Pantura Pati, Satu Orang Tewas

Lebih lanjut, Humas Pengadilan Negeri Pati tersebut membeberkan bawasannya kebijakan sidang lewat teleconference itu sejatinya sudah mulai dilakukan sejak Senin (30/3) lalu. Mereka melaksanakan kebijakan sidang lewat teleconference sesuai dengan arahan dari Surat Mahkamah Agung (MA) pada 27 Maret lalu.

“Jadi persidangan dilakukan lewat sidang elektronik. Untuk majelis hakim di ruang sidang, kuasa hukum di area pengadilan, jaksa maupun saksi di kantor kejaksaan, serta terdakwa di lembaga pemasyaratan,” jelasnya.

Baca Juga  Larangan Takbir Keliling di Pati Tidak Main-main, Enam Ogoh-ogoh Disita Polisi

Namun demikian, dalam penerapan sidang teleconference diakuinya masih ada kendala, yaitu kendala akan ketersediaan alat. Seperti diketahui, sekarang ini hanya terdapat satu alat teleconference baik di pengadilan, kejaksaan, maupun di lapas.

“Bila biasanya persidangan tatap muka bisa dilakukan tiga majelis di tiga ruang sidang yang berbeda dalam satu waktu. Sekarang ini lewat sidang elektronik harus antri bergantian satu persatu. Sehingga menyebabkan lebih lama selesainya,” pungkasnya. (redaksi)

Share :

Baca Juga

Berita

Perbaikan Jembatan Juwana Dimulai Bulan Mei, Bupati Haryanto Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Berita

PDP Asal Pati Meninggal Dunia Punya Riwayat Penyakit Paru-Paru

Berita

Larangan Takbir Keliling di Pati Tidak Main-main, Enam Ogoh-ogoh Disita Polisi

Berita

Hadapi Ancaman Virus Corona, Persiapan Sejumlah Rumah Sakit Dipantau

Berita

Jalani Test Swab Kedua, 31 Warga Pati Negatif Covid-19

Berita

Iuran ASN, Sumbang Rp. 1,1 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Berita

Arogan saat Operasi PPKM, Oknum Anggota Polres Pati Dilaporkan ke Propam

Berita

20 Hari Sikat Jaran Candi, Polres Eks Wil Pati Ungkap 63 Kasus